3 Langkah Membersihkan Kulit setelah Memakai Popok



 Tidak hanya memperhatikan jenis dan kualitas popok yang akan dibeli dan digunakan untuk bayi. Anda juga penting untuk mengetahui cara menggunakan popok dan cara membersihkan pantat bayi setelah menggunakan popok. Tujuannya untuk memberikan perawatan dan perlindungan terbaik pada kulit bayi sehingga tidak mengalami iritasi, ruam, dan alergi.

1.      Bersihkan dengan Perlahan dan Lembut
Kulit bayi masih sangat sensitif dan mudah mengalami lecet untuk mencegahnya terjadi masalah pada kulit bayi maka Anda harus hati-hati. Gunakan lap bersih dengan bahan yang lembut misalnya handuk atau bisa dengan tisu basah.

Tempel dengan lembut pada area pantat bayi yang kotor. Tisu basah bisa menjadi solusi yang praktis saat membersihkan kotoran bayi pada langkah pertama karena bisa langsung dibuang.

2.      Gunakan Air Hangat
Setelah kotoran bersih, pada umumnya para ibu akan menganggap tidak ada lagi kotoran yang menempel. Hanya saja Anda harus waspada dan melanjutkan membersihkan kulit bayi dengan menggunakan air hangat. Caranya bisa menggunakan kapas atau pun yang telah terendam ke dalam air hangat. Kemudian diperas dan dilap secara perlahan di area pantat bayi.

Pastikan bagian sela-sela kelamin bayi telah dibersihkan dengan benar tanpa ada yang ketinggalan. Bersihkan bagian anus dan lipatan paha bayi dengan teliti jangan sampai ada kotoran yang menempel.

Cara membersihkan bagian kotoran yang ada di kelamin terkhusus bayi perempuan dengan arah dari depan ke belakang. Tujuannya adalah untuk mengurangi terjadinya risiko infeksi pada saluran kencing. Pada anak laki-laki juga sebaiknya diterapkan cara yang sama agar aman. Angkat juga bagian bokong bayi dan memegang kedua pergelangan kakinya saat membersihkan.

Meskipun bayi tidak buang air besar saat penggantian popok juga sebaiknya tetap membersihkan bagian depan dan belakang pantat bayi. Hanya saja tidak ribet saat buang air besar. Tujuannya agar tidak ada kuman dan bakteri yang menempel sehingga bayi terhindar dari risiko infeksi.

3.      Memberikan kelembapan
Setelah selesai dibersihkan, berikan waktu kepada kulit bayi agar dapat mengering. Lap bagian pantatnya dengan menggunakan handuk yang kering. Ketika telah dirasa kering berikan perawatan dengan memberikan kelembapan menggunakan krim pada pantat bayi.

Krim bayi ini akan membantu mencegah terjadinya ruam akibat pemakaian popok bayi baik popok murah ataupun mahal. Krim juga akan mencegah terjadinya kulit kering pada bayi yang sangat berisiko saat kulit dan popok mengalami gesekan. Risikonya akan menyebabkan iritasi yang berbahaya pada kulit bayi Anda.

Popok dan berbagai perabotan bayi lainnya sangat dibutuhkan agar dapat memberikan perawatan terbaik pada bayi Anda. Pilihlah popok yang berkualitas meskipun harganya lebih mahal demi kesehatan bayi dan mencegah terjadinya berbagai risiko penyakit kulit. Pembelian bisa dilakukan di toko online orami.co.id yang terjamin kualitas dan harga jualnya yang murah.